Website Tutorial Coding


Hasil gambar untuk html css js


  Sebelum membahas apa saja websitenya, lebih baik lagi kalau kita membahas sedikit tentang apa itu Bahasa Pemrograman. Seperti yang dikutip dari Wikipedia.org, Bahasa Pemrograman adalah instruksi standar untuk memerintah komputer. Bahasa Pemrograman merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks/syntax dan sistematik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer. Bahasa pemrograman ada banyak, mulai dari PHP, Java, Javascript, Python, Ruby, dll. Langsung aja nih kalau ente semua mau jadi "programmer", gak usah pergi ke sekolah Bahasa Pemrograman, atau nge les pakek biaya. Di internet banyak pembelajarannya gan !!


1. W3schools.com

Hasil gambar untuk w3school
  
  w3schools | Ini adalah website pembelajaran yang paling lengkap bagi pemula menurut saya, gak tau menurut orang beda orang beda pendapat. Situs w3schools punya nama w3 yang mungkin artinya World Wide Web kepanjangan dari "WWW". Web ini mempunyai banyak beragam tutorial tentang Bahasa Pemrograman, mulai dari HTML, PHP, Javascript, dan masih banyak lagi. w3schools juga menyediakan teks editor yang dapat memudahkan pembelajaran kalian semua.

2. Sekolahkoding.com

Hasil gambar untuk sekolah koding

 Sekolahkoding | Pembelajaran lewat video, dapat dimengerti dengan mudah, website yang ringan, tutorial Bahasa Pemrograman yang banyak dan tentunya gratis adalah alasan mengapa website ini banyak sekali membernya. Tercatat ada 23153 member saat artikel ini ditulis. Selain gratis website ini juga menyediakan layanan  premium dengan harga yang bersahabat dengan dompet anda. Sekolah koding juga mempunyai beasiswa bagi kalian yang tidak bisa membayar/tidak punya uang.

3. Codesaya.com

Gambar tampilan Codesaya

 Codesaya | Tampilan keren dan interaktif menjadikan Codesaya wajib untuk dikunjungi. Web ini juga menyediakan teks editor jadi ente gak perlu download teks" editor selama belajar dengan Codesaya. Codesaya mempelajari Python, PHP, Javascript, dan GIT. Codesaya mempunyai fitur lencana yang sangat menarik, apalagi buat dipamerin.

4. Duniailkom.com

Hasil gambar untuk duniailkom

 Duniailkom | Yang bikin menarik dari website ini adalah kelengkapan dari tutorialnya. Web ini juga tidak hanya mempelajari Bahasa Pemrograman tetapi juga mempelajari Wordpress dan membuat Website Online. Disitus ini juga mempelajari Bahasa Pascal. Cocok banget buat para mahasiswa Teknik Informatika.

5. Codecademy.com

Hasil gambar untuk codecademy

 Codecademy | Diterangkan secara jelas dan tampilan keren, jadi alasan mengapa Codecademy memilki banyak anggota. Codecademy mempelajari Python, Javascript, HTML, Ruby, dsb.

6. Codecombat.com

Hasil gambar untuk codecombat

 Codecombat | Bermain sambil belajar, Itulah Codecombat. Berbeda dengan website lainnya Codecombat mengajarkan Bahasa Pemrograman sambil bermain. Konsepnya, kita akan bermain game yang disediakan oleh Codecombat. Kemudian, karakter utama yang kalian pakai akan mengalami "masalah". Dan pada saat itulah anda mulai belajar dengan dikeluarkannya instruksi" untuk melewati "masalah" tersebut.   



 Sebenarnya masih ada banyak lagi website yang mempelajari tentang Bahasa Pemgrograman. Tetapi yang diatas, adalah yang ane rekomendasikan. SELAMAT BELAJAR.

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »